Thursday, January 28, 2016

Tidak Nyata Lagi

Tadi gue lagi makan pop mie, terus gue ngeliatin kasur terus tiba-tiba muncul pertanyaan "Kalo kasurnya batrenya abis berarti ntar gue ga punya kasur dong?"

Ngerti gak?

Sekarang semuanya serba pake teknologi. Misalnya nih mau nulis reminder atau notes gt di hp eh batrenya abis jadi akhirnya gajadi nulis terus lupa. Kalo misalnya nulisnya di buku kan dia gabakal mati, ga bakal hilang, karena buku itu nyata.

Nyata...

Teknologi membuat semuanya tidak nyata. Interaksi tidak nyata, pelukan tidak nyata, ciuman tidak nyata. Semua diwakili oleh media sosial, stiker di line, video call dan lain-lain. DAN menurut gue itu adalah salah satu hal yang membuat manusia menjadi tidak seperti manusia lagi. Manusia lupa akan sentuhan. Sentuhan penuh cinta dan kepedulian dari manusia lain yang membuat lara dan sepi menjadi suka.

Kapan coba terakhir kali lo ngajak orang main tapi langsung ke rumahnya terus teriak-teriak di depan tanpa lo harus sms atau telpon dulu? Pas SD kan? sama, gue juga. Bahagia kan lo pas SD? sama, gue juga.

Makanya sekarang makin banyak orang yang kena penyakit jiwa. Karena mereka kesepian, kurang interaksi nyata, kurang sentuhan. Kesepian itu akar dari semua permasalahan. Coba lo bandingin, misalnya lo miskin sendirian sama miskin rame-rame, asikan miskin rame-rame kan? walaupun miskin, asal ga kesepian pasti bakal asik-asik aja.

Dan secara gak sadar ya, manusia itu seperti dikotak-kotakan sama yang namanya teknologi. Mungkin sebagian orang yang make Apple memandang remeh orang yang cuma pake esia, terus jadi males temenan karna mengaggap mereka gak sederajat. Padahal belom tentu orang yang make esia itu orang yang lebih rendah dari dia. Atau orang yang lebih suka make jam weker dibandingkan alarm di hape, pasti dianggap jadul terus dihina.

Jadi intinya yang salah teknologinya atau manusia nya yang gak siap?

(terimakasih pop mie atas inspirasinya)

btw sidang w lancar, sekarang lagi revisi tapi banyak banget setan jadi ga kelar-kelar revisinya.

2 comments: